Bekasi > Kesehatan

Cara Mudah Hindari Serangan Jantung

Minggu, 06 Agustus 2017 16:21 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Ilustrasi - Serangan jantung
Ilustrasi - Serangan jantung
Foto : istimewa

Share this








Banyak cara yang bisa membuat seseorang bisa terus hidup sehat dan terhindar dari serangan jantung.

BEKASI – Serangan jantung seketika menjadi sorotan setelah meninggalnya Thamrin Usman, Anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Hanura yang wafat saat Rapimnas. Pasalnya, ia dikabarkan meninggal akibat penyakit tersebut. Berkaca dari kasus Thamrin, adakah cara mudah untuk terhindar dari penyakit jantung?

Baca : Anggota DPRD Bekasi Tutup Usia Saat Rapimnas

 

Jawabannya ada. Caranya dalah dengan penerapan pola hidup sehat. Menjaga jam tidur Anda tetap 8 jam adalah salah satunya.

Dikutip dari Okezone.com, Mukesh Jain, MD, direktur the Case Cardiovascular Research Institute dari Case Western Reserve University di Cleveland mengatakan, tujuan dari tidur 8 jam adalah menghindari gangguan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko kardiovaskular.

“Apabila Anda memiliki gangguan tidur, segera berkonsultasi ke dokter. Sebab bisa saja itu apnea yang dapat menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya gangguan jantung. Hal ini kemudian akan meningkatkan risiko aritmia pada jantung," ujar dr Jain. Alangkah baiknya, lanjut Jain, apnea segera diatasi untuk menghindari adanya risiko serangan jantung.

Selain itu, serangan jantung dapat dicegah dengan berolahraga. Lakukan secara bertahap dan menghindari aktivitas yang memancing kerja jantung lebih berat.

Memulai olahraga dengan gerakan ringan terlebih dahulu, kemudian bertahan ke tingkat selanjutnya. Jain juga menganjurkan setiap orang tidak meninggalkan aktivitas fisik di pagi hari demi menjaga kesehatan jantung.